Delicious LinkedIn Facebook Twitter RSS Feed

Doa Ketika Ada Angin

recite this doa when it's windy day...

Angin itu merupakan tiupan dari Allah Ta’ala, ia kadang datang membawa keberuntungan kadang pula membawa bencana. Jika kalian melihatnya jangan pernah memakinya, tapi mintalah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah dari keburukannya.”
(HR. Abu Daud, no. 5097, Ibnu Majah, no. 3727. Al-Albani menganggapnya shahih dalam Shahih At-Targhib, no. 3564).

Aisyah ra meriwayatkan bahwa doa yang biasa dibaca Rasulullah bila ada angin adalah:
اَللَّـٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ.

“Allaahumma innii as`aluka khairaha wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihii, wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarri maa ursilat bihi.”

(Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kebaikannya (angin ini), kebaikan yang terkandung di dalamnya, dan kebaikan yang terkandung dalam pengirimannya. Dan aku berlindung kepada-mu dari keburukannya dan keburukan yang terkandung dalam pengirimannya.)

(HR. Muslim, no. 899, mutabi’ ke-1 dan lafaz di atas dari sana. Juga At-Tirmidzi, no. 3460 dengan lafal sedikit berbeda.)

Angin adalah fenomena alam yang kadang membawa nikmat tapi tak jarang pula mengakibatkan kerusakan. Dia adalah kiriman dari Allah yang bisa menjadi pembawa berita gembira kepada orang yang bisa menikmatinya, tapi pada saat yang sama juga bisa menjadi azab bagi mereka yang berdosa atau teguran bagi mereka yang alpa, sekaligus menjadi ujian bagi orang-orang yang bertakwa.
Maka, apapun yang dibawa oleh angin itu, hendaklah kita sebagai hamba Allah yang pasrah dan menyerahkan segala keputusan terbaik hanya di Tangan-Nya meminta agar kedatangan angin tersebut membawa hal terbaik bagi kita.

0 CommEntS: